Program Studi Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) UIN Syekh Nurjati Cirebon bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam mengelola lembaga pendidikan Islam secara profesional dan berbasis pada nilai-nilai Islam. Program ini mengintegrasikan teori manajemen pendidikan dengan perspektif keislaman, untuk mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada kemajuan umat. Dengan fasilitas yang memadai dan tenaga pengajar yang berkompeten, prodi MPI menyediakan berbagai mata kuliah yang meliputi manajemen organisasi pendidikan, kebijakan pendidikan Islam, serta manajemen sumber daya manusia dan keuangan dalam konteks pendidikan Islam. Para mahasiswa didorong untuk mengembangkan kemampuan analitis, strategis, dan kepemimpinan untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan Islam yang terus berkembang. Program ini diharapkan dapat mencetak pemimpin pendidikan yang inovatif, berintegritas, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Visi

"Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan studi Islam yang unggul dan terkemuka di tingkat nasional berbasis riset dan tradisi serta kearifan lokal dengan perspektif multikultural tahun 2025."

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan pada level Magister dan Doktor yang berorientasi pada pengembangan dan penemuan teori dan konsep ilmu sesuai prodi yang ada berbasis riset dengan perspektif multikultural.
  2. Menyelenggarakan penelitian pada level Magister dan Doktor guna memecahkan permasalahan ummat, masyarakat dan bangsa secara luas sesuai dengan prodi berdasarkan perspektif multikultural dengan pendekatan inter, multi, dan khusus level doktor plus transdisipliners.
  3. Menyebarluaskan ide, teori, pemikiran dan konsep ilmu pengetahuan sesuai dengan prodi yang ada dengan perspektif multikultural yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia melalui pengabdian kepada masyarakat dan melalui publikasi yang diakui secara nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan semua pihak baik dalam maupun luar negeri guna mengembangkan keilmuan sesuai prodi yang ada berbasis riset dan PKM secara berkelanjutan dengan perspektif multicultural.
Tujuan
  1. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli sesuai dengan prodi yang diikuti dengan perspektif multikultural yang berkepribadian muslim, memiliki penguasaan dan pemahaman integratif antara sains dan agama, informasi dan teknologi, berwawasan global dan berkepribadian Indonesia.
  2. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli sesuai dengan prodi dan jenjang pendidikan yang diikuti dengan perspektif multikultural yang mampu memecahkan problema masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah ilmiah, kritis, keterampilan berkarya dan bermasyarakat.
  3. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli sesuai dengan prodi yang mampu menguasai teori dan konsep ilmu sesuai dengan bidang keahliannya untuk level magister dan mampu menemukan dan mengembangkan teori dan konsep ilmu sesuai dengan bidang keahliannya untuk level doktor, publikasi ilmiah yang diakui baik secara nasional maupun internasional dengan pendekatan multi, interm dan khusus level doctor plus transdisipliner.

Bahasa Arab (Kajian Teks) 2 SKS W
Bahasa Inggris (Kajian Teks) 2 SKS W
Filsafat Manajemen Pendidikan Islam 2 SKS W
Manajemen dan Administrasi Pendidikan 3 SKS W
Manajemen SDM Kependidikan 3 SKS W
Sosiologi Pendidikan 2 SKS W
Tafsir dan Hadis Manajemen Pendidikan Islam 2 SKS W

Analisis Kebijakan Pendidikan 3 SKS W
Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi Pendidikan 3 SKS W
Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran 3 SKS W
Metode Penelitian Kualitatif 2 SKS W
Metode Penelitian Kuantitatif 2 SKS W
Pengembangan Model Pembelajaran 2 SKS W
Sistem Informasi Manajemen 3 SKS W

Evaluasi dan Supervisi Pendidikan 3 SKS W
Manajemen Marketing Pendidikan 3 SKS W
Manajemen Mutu Pendidikan 3 SKS W
Manajemen Pendidikan Pesantren 2 SKS W
Pengelolaan Publikasi Ilmiah 2 SKS W
Perencanaan dan pembiayaan Pendidikan 3 SKS W

Tesis 6 SKS W
W: Wajib, P: Pilihan
Program Kurikulum Berbasis KKNI
  1. Aktif mengembangkan kurikulum berbasis KKNI dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE).
  2. Mengimplementasikan proses pembelajaran berbasis riset dan keterampilan digital.
  3. Melaksanakan program academic writing untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah.
Program Kreativitas Mahasiswa
Mendorong pembuatan video pembelajaran berbasis digital.
Program Keterlibatan Dosen
Melaksanakan riset kolaborasi di tingkat internasional.
Program Suasana Akademik Progresif
Menyelenggarakan forum akademik mingguan seperti seminar tesis, Focus Group Discussion (FGD) inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan diskusi tesis.
Program Pengembangan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
Intensif membimbing dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan karya yang berpotensi memperoleh HAKI.
Program Keterlibatan Mahasiswa
Mendorong mahasiswa aktif dalam organisasi pendidikan berbasis keislaman.
Program Pencapaian IPK Tinggi dan Kelulusan Tepat Waktu
Melaksanakan monitoring progres akademik setiap semester dan menyediakan layanan pendampingan mahasiswa.
Profil Lulusan
  1. Sebagai manajer yaitu Magister Pendidikan yang mampu merencanakan, mengelola, dan mengembangkan lembaga pendidikan Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.
  2. Sebagai peneliti yaitu Magister Pendidikan yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  3. Sebagai konsultan yaitu Magister Pendidikan yang memiliki kemampuan menganalisis dan memecahkan problematika Manajemen Pendidikan Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
M.Pd. (Magister Pendidikan)
Masa Studi
2 Tahun (4 Semester)
Jumlah SKS
57
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dr. Dewi Cahyani, M.Pd.
Sekretaris
Dr. Iis Arifudin, M.Ag.