Program ini dirancang untuk menghasilkan pendidik yang kompeten dalam pengajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam. Mahasiswa akan mendalami berbagai aspek bahasa Inggris, seperti tata bahasa, keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari metode pengajaran modern yang berorientasi pada pengembangan kemampuan komunikasi lintas budaya. Lulusan program ini diharapkan mampu berkontribusi secara signifikan dalam dunia pendidikan, baik di lingkungan nasional maupun global.

Visi

Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, berbasis teknologi siber dan pembelajaran multisensori digital yang unggul dan berdaya saing internasional tahun 2034

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran akademik dan sertifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan riset dan publikasi pembelajaran Bahasa Inggris dalam area teknologi siber berbasis interdisciplinary digital multisensory learning yang diperkaya dengan kearifan lokal dan kompetensi global.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara kolaboratif, integratif, dan inovatif untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dan kehidupan keberagamaan yang moderat

Menyelenggarakan kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan untuk memberikan pelayanan prima yang mampu beradaptasi dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan.

Tujuan

Terwujudnya kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris yang bermutu berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya penelitian yang bermutu dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya tata kelola akademik yang bermutu dalam penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai standar kurikulum level KKNI berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Bahasa Arab 3 SKS W
Bahasa Indonesia 2 SKS W
Cirebon Studies 2 SKS W
English for Classroom Interaction 2 SKS W
English Language Literacy for Daily Communication 3 SKS W
English Language Oracy for Daily Communication 3 SKS W
Exploring Prescriptive English Grammar 2 SKS W
Introduction to Linguistics 2 SKS W
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS W
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS W
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS W
Studi Al Quran 2 SKS W

Applied Linguistics for English Teacher 3 SKS W
Bahasa Inggris 3 SKS W
English Language Literacy for Academic Purposes 3 SKS W
English Language Oracy for Academic Purposes 3 SKS W
Filsafat Ilmu 2 SKS W
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS W
Pancasila 2 SKS W
Pendidikan Multikultural 2 SKS W
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS W
Sociolinguistics for Language Teachers 2 SKS W
Studi Hadits 2 SKS W

Creative Writing 2 SKS W
English For Business 2 SKS W
English Phonology 2 SKS W
Exploring Descriptive English Grammar 2 SKS W
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS W
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS W
Metodologi Studi Islam 3 SKS W
Praktik Ibadah 1 0 SKS W
Public Speaking 3 SKS W
Second Language Acquistion 2 SKS W
Theory and Practice of English Translation 3 SKS W

Cyber Culture 2 SKS W
English for Young Learners 2 SKS W
English Language Teaching Media 2 SKS W
English Morphology and Syntax 3 SKS W
English Proficiency Test 2 SKS W
Etika Profesi Keguruan 2 SKS W
Intercultural Understanding 2 SKS W
Introduction to Literature 2 SKS W
Praktik Ibadah 2 0 SKS W
Ushul al Tarbiyah 2 SKS W
Writing for Scientific Publication 3 SKS W

Digital Content Creation for English Teachers 2 SKS P
Digital ELT Material Development 3 SKS W
ELT Research and Innovation 2 SKS P
English Lesson Planning 2 SKS P
English Semantics & Pragmatics 3 SKS W
Principles in English Language Teaching 3 SKS W
Psycholinguistics 2 SKS W
Second Language Research Methodology 3 SKS W
Statistics in Second Language Research 2 SKS W
Transformative Pedagogy 2 SKS W

Curriculum Analysis and Development 2 SKS W
Data Collection and Analysis in SL Research 3 SKS W
Digital Learning Module 2 SKS P
Hybrid ELT Research Project 2 SKS P
Innovation in ELT Assessment 3 SKS W
KKN 3 SKS W
Literature for English Language Teaching 2 SKS W
Micro Teaching 2 SKS W
TEFL in Indonesia 3 SKS W
TELL 2 SKS P

Artificial Intelligence for ELT Teachers 2 SKS P
Discourse Analysis for English Teacher 2 SKS W
ELT Research and Academic Publication 2 SKS P
Innovations in Contemporary ELT 2 SKS P
PLP 4 SKS W
Research Proposal Seminar 3 SKS W

Skripsi 6 SKS W
W: Wajib, P: Pilihan
Profil Lulusan
Profil utama lulusan Program Studi Tadris Bahasa Inggris adalah sebagai pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK), peneliti, dan pengembang bahan ajar Bahasa Inggris yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  1. Pendidik/Guru Bahasa Inggris
    Menjadi pendidik/guru bahasa Inggris yang profesional pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang menguasai materi Bahasa Inggris dengan baik dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan bahasa, serta mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan pendidikan bahasa Inggris dan pembelajarannya
  2. Asisten Peneliti Pendidikan
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris yang berintegritas dan mampu menganalisis fenomena dalam pendidikan bahasa dan kebahasaan serta mampu melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan ilmiah.
  3. Pengembangan Bahan Ajar
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dra. Hj. Amroh Umaemah, M.Pd.
Sekretaris
Hendi Hidayat, M.Pd.