Program Studi Tadris Bahasa Inggris merupakan salah satu Program Studi baru di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Program Studi Tadris Bahasa Inggris dipersiapkan untuk menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang akan mencetak sarjana pendidikan yang unggul dibidangnya.

Atas dasar Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 561 Tahun 2012 tanggal 15 Mei 2012 tentang perpanjangan izin penyelenggaraan program studi Tadris Bahasa Inggris di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Visi

Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, berbasis tehnologi siber dan pembelajaran multisensori digital yang unggul dan berdaya saing internasional tahun 2034

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran akademik dan sertifikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan riset dan publikasi pembelajaran Bahasa Inggris dalam area teknologi siber berbasis interdisciplinary digital multisensory learning yang diperkaya dengan kearifan lokal dan kompetensi global.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara kolaboratif, integratif, dan inovatif untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dan kehidupan keberagamaan yang moderat

Menyelenggarakan kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan untuk memberikan pelayanan prima yang mampu beradaptasi dan bersinergi dengan lingkungan secara berkelanjutan.

Tujuan

Terwujudnya kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris yang bermutu berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya penelitian yang bermutu dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya kerjasama tridarma perguruan tinggi dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk pengembangan kompetensi tenaga pendidik pembelajaran Bahasa Inggris berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Terwujudnya tata kelola akademik yang bermutu dalam penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai standar kurikulum level KKNI berwawasan Islam moderat, dengan pemanfaatan teknologi siber berbasis digital multisensory learning yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal.

Struktur Kurikulum

Bahasa Arab 3 SKS
Bahasa Indonesia 2 SKS
Cirebon Studies 2 SKS
English for Classroom Interaction 2 SKS
English Language Literacy for Daily Communication 3 SKS
English Language Oracy for Daily Communication 3 SKS
Exploring Prescriptive English Grammar 2 SKS
Introduction to Linguistics 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS
Studi Al Quran 2 SKS

Applied Linguistics for English Teacher 3 SKS
Bahasa Inggris 3 SKS
English Language Literacy for Academic Purposes 3 SKS
English Language Oracy for Academic Purposes 3 SKS
Filsafat Ilmu 2 SKS
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS
Pancasila 2 SKS
Pendidikan Multikultural 2 SKS
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS
Sociolinguistics for Language Teachers 2 SKS
Studi Hadits 2 SKS

Creative Writing 2 SKS
English For Business 2 SKS
English Phonology 2 SKS
Exploring Descriptive English Grammar 2 SKS
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS
Metodologi Studi Islam 3 SKS
Praktik Ibadah 1 0 SKS
Public Speaking 3 SKS
Second Language Acquistion 2 SKS
Theory and Practice of English Translation 3 SKS
Program Unggulan

If filmmaking is your passion but you never went to film school you’ve come to the right place. Here, you will get hands-on experience and acquire skills that you never would’ve elsewhere like learning how to make feature films on your own, making do with any equipment, and doing it all faster and better.

Program Unggulan

If filmmaking is your passion but you never went to film school you’ve come to the right place. Here, you will get hands-on experience and acquire skills that you never would’ve elsewhere like learning how to make feature films on your own, making do with any equipment, and doing it all faster and better.

Program Unggulan

If filmmaking is your passion but you never went to film school you’ve come to the right place. Here, you will get hands-on experience and acquire skills that you never would’ve elsewhere like learning how to make feature films on your own, making do with any equipment, and doing it all faster and better.

Prospek Karir

Pendidik/Guru Bahasa Inggris
Menjadi pendidik/guru bahasa Inggris yang profesional pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang menguasai materi Bahasa Inggris dengan baik dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan bahasa, serta mampu menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan pendidikan bahasa Inggris dan pembelajarannya.

Asisten Peneliti Pendidikan
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris yang berintegritas dan mampu menganalisis fenomena dalam pendidikan bahasa dan kebahasaan serta mampu melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan ilmiah.

Pengembang Bahan Ajar
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Kompetensi Lulusan
-

Alumni

instructor
William U.
Advanced Educator
4.5
1350 Students
26 Courses

William U. Peña, MBA, CISSP No. 349867, is a former college professor and the lead instructor at Dion Training Solutions.

instructor
William U.
Advanced Educator
4.5
1350 Students
26 Courses

William U. Peña, MBA, CISSP No. 349867, is a former college professor and the lead instructor at Dion Training Solutions.

Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144 SKS
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dra. Hj. Amroh Umaemah, M.Pd.
Sekretaris
Hendi Hidayat, M.Pd.