S3 Pendidikan Agama Islam mengembangkan kapasitas intelektual mahasiswa dalam membangun teori-teori baru pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan global. Fokus utama program ini adalah penelitian mendalam, pemikiran kritis, dan pengembangan kebijakan pendidikan. Mahasiswa diharapkan dapat menulis disertasi yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pendidikan Islam. Selain itu, mereka juga dibekali dengan etika akademik dan kemampuan komunikasi ilmiah. Program ini sangat cocok bagi dosen, peneliti, dan pengambil kebijakan pendidikan. Lulusan akan menjadi pionir dalam pengembangan keilmuan dan praksis pendidikan Islam tingkat nasional dan internasional.

Visi

"Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan studi Islam yang unggul dan terkemuka di tingkat nasional berbasis riset dan tradisi serta kearifan lokal dengan perspektif multikultural tahun 2026."

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada pengembangan dan penemuan teori dan konsep ilmu Pendidikan Agama Islam berbasis riset dengan perspektif multikultural;
  2. Menyelenggarakan penelitian memecahkan permasalahan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian dan problema masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Islam berdasarkan perspektif multikultural dengan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner;
  3. Menyebarluaskan ide, teori, pemikiran dan konsep ilmu Penddikan Agama Islam dengan perspektif multicultural yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia melalui pengabdian kepada masyarakat dan melalui publikasi yang diakui secara nasional dan internasional;
  4. Mengembangkan kerjasama dengan semua pihak baik dalam maupun luar negeri guna mengembangkan Ilmu Pendidikan Agama Islam dalam ranah pendidikan erbasis riset dan PKM secara berkelanjutan dengan perspektif multikultural.
Tujuan
  1. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli sesuai dengan prodi yang diikuti dengan perspektif multikultural yang berkepribadian muslim, memiliki penguasaan dan pemahaman integratif antara sains dan agama, informasi dan teknologi, berwawasan global dan berkepribadian Indonesia.
  2. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli sesuai dengan prodi dan jenjang pendidikan yang diikuti dengan perspektif multikultural yang mampu memecahkan problema masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah ilmiah, kritis, keterampilan berkarya dan bermasyarakat
  3. Untuk melahirkan akademisi, peneliti dan konsultan yang ahli dalam bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam yang mampu menemukan dan mengembangkan teori dan konsep ilmu Pendidikan Agama Islam, publikasi ilmiah yang diakui baik secara nasional maupun internasional dengan pendekatan multi, inter dan transdisipliner.

Filsafat Ilmu 3 SKS W
Integrasi PAI-Sains 3 SKS W
Kontekstualisasi PAI-Sosial Humaniora 3 SKS W
Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD 3 SKS W
Studi Naskah Tokoh Pendidikan Muslim Klasik - Modern (Bahasa Arab) 3 SKS W
Studi Naskah Tokoh Pendidikan Muslim Klasik - Modern (Bahasa Inggris) 3 SKS W

Academic Writing 3 SKS W
Analisis Kebijakan Pendidikan 3 SKS W
Inovasi Kurikulum PAI 3 SKS W
Isu-isu Pendidikan Kontemporer 3 SKS W
Pembelajaran PAI Era Digital 3 SKS W
Pengembangan Pembelajaran PAI 3 SKS W
Seminar Proposal 3 SKS W

Disertasi 14 SKS W
W: Wajib, P: Pilihan
Pembelajaran Berbasis Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat
Program ini berupa pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam proses belajar mengajar. Bukan hanya menerima teori di kelas, mahasiswa secara aktif terlibat dalam mengidentifikasi masalah, merancang penelitian untuk mencari solusi, dan kemudian mengaplikasikan hasil penelitian tersebut dalam kegiatan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.
Pengembangan Kurikulum Inovatif Berbasis Multikultur dan Integrasi Ilmu
Program Studi Pendidikan Agama Islam (selanjutnya ditulis Prodi PAI) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon secara berkala mengembangkan kurikulum yang tidak hanya mendalam di bidang kajian pendidikan dan keislaman, tetapi juga mengintegrasikannya dengan ilmu-ilmu lain yang relevan (misalnya psikologi pendidikan Islam, sosiologi, budaya, teknologi pendidikan, dan kajian moderasi beragama berbasis multikultur dan moderasi beragama). Berbagai bidang kajian ini bisa mensupport Program Studi PAI di Program Pascasarjana UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon menjadi Prodi Unggulan yang dapat menghasilkan model kurikulum yang diakui secara nasional maupun internasional.
Seminar dan Konferensi Nasional Maupun Internasional Tentang Pendidikan Islam
Prodi PAI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon (selanjutnya ditulis UINSSC) juga mengadakan forum ilmiah secara rutin dengan menghadirkan pakar-pakar yang ekspert di bidang PAI berbasis multikultur dan moderasi beragama, baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini diharapkan akan meningkatkan visibilitas Prodi PAI UINSSC, agar menjadi wadah diseminasi ilmiah hasil proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian.
Peluncuran Jurnal Ilmiah Berkualitas dan Terindeks
Prodi PAI UINSSC, menerbitkan jurnal ilmiah yang fokus pada kajian PAI dengan standar editorial yang tinggi dan berupaya untuk terindeks di basis data bereputasi (misalnya Sinta, Scopus, WoS).
Program Riset Kolaboratif
Prodi PAI UINSSC juga mengembangkan program riset yang melibatkan dosen dan mahasiswa, baik secara internal maupun bekerja sama dengan prodi/institusi lain (dalam atau luar negeri). Fokus riset ditetapkan pada isu-isu pendidikan Islam kontemporer, inovasi pembelajaran PAI, atau pengembangan materi ajar berbasis kearifan lokal, multikultur, dan moderasi beragama.
Pengembangan Modul dan Sumber Belajar Digital Interaktif
Prodi PAI UINSSC menyususn dan menetapkan materi ajar yang inovatif, menarik, dan mudah diakses oleh mahasiswa melalui platform digital. Hal ini dapat menjadi unggulan dan relevan untuk kekinian an era digital.
Program Pendampingan Guru PAI di Sekolah/Madrasah
Prodi PAI juga mengadakan program pelatihan, workshop, atau pendampingan berkelanjutan bagi guru-guru PAI di tingkat dasar dan menengah. Hal ini merupakan bentuk pengabdian pada Masyarakat yang sangat relevan dengan bidang keahlian prodi.
Pengembangan Model Pembelajaran PAI Inklusif
Merancang dan mengimplementasikan model pembelajaran PAI yang ramah terhadap keberagaman siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Hasilnya dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah.
Program Literasi Keagamaan dan Pendidikan Karakter di Masyarakat
Prodi PAI UINSSC juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman agama yang moderat dan berbasis multikultur serta menanamkan nilai-nilai karakter positif di masyarakat, misalnya melalui pelatihan, ceramah, atau pendampingan kelompok belajar.
Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal
Pengembangan Media Pembelajaran PAI juga dirancang berbasis kearifan lokal untuk Masyarakat. Misalnya, membuat media pembelajaran yang memanfaatkan budaya dan tradisi lokal sebagai konteks penyampaian materi PAI.
Profil Lulusan
Profil lulusan atau karakteristik lulusan Program Studi S3 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun untuk kebutuhan pengembangan keilmuan adalah lulusan bergelar doctor yang unggul, baik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek humanis, sehingga dapat berkiprah di masyarakat dengan baik.Di samping itu lulusan juga mampu secara jeli dan kritis dalam mengidentifikasi permasalahan-permasalahn yang ada dalam dunia pendidikan Agama Islam, dan mampu secara kreatif untuk merencanakan perbaikan dan kemampuan untuk melaksanakan perbaikan tersebut dengan tindakan nyata dengan basis imiah yang meyakinkan.

Profil lulusan Program Studi S3 Pendidikan Agama Islam adalah:
  1. Akademisi. Doktor yang memiliki kemampuan menemukan, menciptakan, mengembangkan konsep atau teori, dan kemampuan manajerial serta tanggung jawab sebagai akademisi dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  2. Peneliti. Doktor yang memiliki kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  3. Konsultan Pendidikan. Doktor yang memiliki kemampuan mendesain dan menyelesaikan masalah Pendidikan Agama Islam yang berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
Dr. (Doktor)
Masa Studi
3 Tahun (6 Semester)
Jumlah SKS
53
Pimpinan Prodi:
Ketua
Dr. Siti Fatimah, M.Hum
Sekretaris
Dr. H. Iwan, M.Ag