Program Studi Tadris Matematika dirancang untuk mencetak pendidik matematika yang kompeten dan inovatif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep matematika, seperti geometri, statistika, dan kalkulus, dengan pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Selain itu, kurikulum juga menekankan penguasaan teknologi pembelajaran dan pengembangan metode pengajaran yang kreatif dan adaptif.

Visi

"Mengembangkan ilmu pendidikan matematika bertaraf internasional yang berorientasi siber dan kearifan lokal"

Misi
  1. Mengintegrasikan teknologi digital dan Internet of Things (IoT) dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi, sejalan dengan perkembangan pendidikan di era 4.0.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan berstandar internasional, dengan fokus pada pengembangan kurikulum matematika serta implementasi teknologi dalam pembelajaran, dan memastikan kebermanfaatan hasil riset untuk masyarakat global. Selain itu, mempublikasikan hasil riset di jurnal terindeks internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada penerapan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal untuk membantu masyarakat meningkatkan literasi matematika dan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung kegiatan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), serta mendorong pencapaian akreditasi internasional secara berkelanjutan
Tujuan
  1. Terwujudnya lingkungan pembelajaran matematika yang interaktif, inovatif, dan berbasis teknologi melalui integrasi teknologi digital dan Internet of Things (IoT), sehingga mampu menjawab tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Matematika.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang berstandar internasional, khususnya dalam pengembangan kurikulum matematika dan implementasi teknologi dalam pembelajaran, serta memastikan hasil riset dapat dipublikasikan di jurnal terindeks internasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat global.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pendidikan matematika berbasis teknologi digital, moderasi beragama, dan kearifan lokal, guna meningkatkan literasi matematika dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari.
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan lembaga pendidikan, riset, dan industri, baik nasional maupun internasional, untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) serta mendorong pencapaian dan pemeliharaan akreditasi internasional secara berkelanjutan.

Bahasa Indonesia 2 SKS W
Himpunan dan Logika Matematika 3 SKS W
Ilmu Pendidikan Islam 2 SKS W
Kajian Kitab Kuning 1 0 SKS W
Kalkulus Diferensial 3 SKS W
Konsep Dasar Matematika 2 SKS W
Pancasila 2 SKS W
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 1 0 SKS W
Studi Al-Quran 2 SKS W
Teori Belajar Matematika 2 SKS W
Teori Bilangan 2 SKS W

Bahasa Arab 3 SKS W
Cyber Culture 2 SKS W
Geometri Bidang Datar 2 SKS W
Kajian Kitab Kuning 2 0 SKS W
Kalkulus Integral 3 SKS W
Metodologi Studi Islam 3 SKS W
Pendidikan Kewarganegaraan 2 SKS W
Program Pengembangan Tilawatil Qur'an (PPTQ) 2 0 SKS W
Psikologi Belajar Matematika 3 SKS W
Ushul al-Tarbiyah 2 SKS W

Aljabar Linear 3 SKS W
Bahasa Inggris 3 SKS W
Geometri Ruang 3 SKS W
Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar 2 SKS W
Model Pembelajaran Matematika 2 SKS W
Pemrograman Komputer 2 SKS W
Persamaan Diferensial 3 SKS W
Praktik Ibadah 1 0 SKS W
Statistika Deskriptif 3 SKS W
Studi Hadist 2 SKS W

Analisis Real 3 SKS W
Aplikasi Komputer dalam Matematika 3 SKS P
Cirebon Studies 2 SKS W
Filsafat Ilmu 2 SKS W
Kapita Selekta Matematika Pendidikan Menengah 2 SKS W
Matematika Terapan 3 SKS P
Media Pembelajaran Matematika 2 SKS W
Metode Numerik 2 SKS W
Praktik Ibadah 2 0 SKS W
Program Linear 3 SKS W
Statistika Inferensia 3 SKS W
Telaah Kurikulum Matematika Sekolah 2 SKS W

Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Matematika 3 SKS W
Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS W
Geometri Transformasi 2 SKS W
Kajian Pembelajaran Matematika Modern 2 SKS P
Literasi dalam matematika 2 SKS P
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika 3 SKS W
Multimedia Pembelajaran Matematika 2 SKS P
Pembelajaran Matematika Adaptif 2 SKS W
Problematika Pembelajaran Matematika 2 SKS W
Statistika Matematika 3 SKS W
Struktur Aljabar 3 SKS W
Teori Peluang 2 SKS W

Asesmen HOTS Matematika berorientasi Digital 2 SKS P
Etika Profesi Keguruan 2 SKS W
Etnomatematika 2 SKS P
Fungsi Kompleks 2 SKS W
Kemampuan Matematis 2 SKS P
Kewirausahaan dalam Pendidikan Matematika 3 SKS W
Matematika Diskrit 2 SKS W
Micro Teaching 2 SKS W
Pendidikan Multikultural 2 SKS W
Penelitian Literatur Pendidikan Matematika 2 SKS P
Pengembangan Bahan Ajar Matematika 3 SKS W
Perencanaan Pembelajaran Matematika 2 SKS W
Proyek Inovasi Siber Pembelajaran Matematika 3 SKS P
Seminar Kajian Pendidikan Matematika 2 SKS W

Kuliah Kerja Nyata 3 SKS W
PLP (Magang) 4 SKS W
Skripsi 6 SKS W
W: Wajib, P: Pilihan
PLP-KKN Terintegrasi Internasional
Program Studi Tadris Matematika menghadirkan pengalaman magang internasional yang unik melalui integrasi PLP dan KKN di berbagai negara. Mahasiswa berkesempatan mengajar matematika di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia, SIM Mekah Arab Saudi, maupun CLC Sabah Malaysia. Program ini tidak hanya mengasah kompetensi pedagogis dalam pengajaran matematika, tetapi juga membekali mahasiswa dengan kemampuan adaptasi lintas budaya dan keterampilan sosial di lingkungan global. Pengalaman langsung dalam sistem pendidikan internasional ini menjadi nilai tambah yang signifikan bagi lulusan untuk bersaing di kancah profesional tingkat dunia.
Kurikulum Berorientasi Cyber Islamic University
Kurikulum kami dirancang dengan pendekatan Cyber Islamic University yang mengintegrasikan tiga pilar utama: penguasaan konsep matematika, nilai-nilai keislaman, dan kompetensi teknologi digital. Berbasis KKNI dan SN-DIKTI, kurikulum ini terus diperbarui melalui analisis mendalam terhadap kebutuhan pasar kerja dan perkembangan terkini pendidikan matematika. Konsep pembelajaran kami menerapkan blended learning dengan pemanfaatan platform digital mutakhir, mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik matematika yang mampu menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 sekaligus menjaga nilai-nilai islami dalam proses pembelajaran.
Penguatan Microteaching Berbasis Digital
Program microteaching kami menghadirkan pengalaman mengajar realistis di ruang smart classroom berteknologi tinggi. Mahasiswa tidak hanya berlatih menyampaikan materi matematika, tetapi juga menguasai penggunaan berbagai alat digital seperti papan tulis interaktif, aplikasi evaluasi pembelajaran real-time, dan sistem manajemen pembelajaran berbasis cloud. Setiap sesi direkam dan dianalisis secara mendalam oleh dosen pembimbing, memberikan umpan balik yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi mengajar. Pendekatan ini menghasilkan lulusan yang percaya diri dan terampil dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran matematika.
Kolaborasi Riset dan Publikasi Mahasiswa-Dosen
Kami membangun budaya penelitian kuat melalui program mentoring intensif antara mahasiswa dan dosen. Setiap mahasiswa didorong untuk terlibat dalam proyek penelitian aktual mulai dari tahun kedua, dengan fokus pada pengembangan media pembelajaran inovatif, analisis kesulitan belajar matematika, atau penerapan teknologi dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian tidak hanya dipresentasikan dalam forum akademik, tetapi juga diarahkan untuk publikasi di jurnal nasional terakreditasi maupun internasional. Program ini telah melahirkan berbagai karya ilmiah berkualitas yang memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan pendidikan matematika di Indonesia.
Beasiswa Akademik, Tahfidz, dan KIP-K
Program Studi Tadris Matematika menyediakan beragam skema beasiswa untuk memastikan akses pendidikan yang merata. Beasiswa KIP-K menjadi andalan bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik. Bagi penghafal Al-Qur’an, beasiswa tahfidz memberikan apresiasi khusus atas prestasi keagamaan. Tidak ketinggalan, berbagai beasiswa prestasi akademik dan non-akademik tersedia untuk memotivasi mahasiswa berprestasi. Kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai mitra industri untuk menyediakan beasiswa CSR yang tidak hanya mencakup biaya pendidikan tetapi juga peluang magang dan kerja setelah lulus.
Komunitas Belajar & HIMKA
Himpunan Mahasiswa Tadris Matematika (HIMKA) menjadi wadah pengembangan diri holistik bagi mahasiswa. Melalui berbagai kegiatan seperti kelas public speaking intensif, workshop desain media pembelajaran digital, hingga diskusi ilmiah dengan pakar pendidikan matematika, HIMKA menciptakan ekosistem belajar yang dinamis dan kolaboratif. Kegiatan rutin seperti bedah buku matematika kontemporer dan produksi podcast edukatif memperkaya wawasan mahasiswa di luar kelas. Prestasi membanggakan telah ditorehkan melalui berbagai kompetisi nasional dan internasional, membuktikan bahwa lulusan kami tidak hanya kompeten secara akademik tetapi juga memiliki keterampilan organisasi dan kepemimpinan yang mumpuni.
Profil Lulusan
  1. Pendidik Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Matematika pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  2. Asisten Peneliti pendidikan Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai peneliti pemula dalam bidang pendidikan Matematika yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  3. Intruksional Designer bidang Pendidikan Matematika
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kompetensi dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar, media pembelajaran, serta sistem pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan Matematika pada tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  4. Edupreneur
    Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan dalam menggunakan ilmu pengetahuan pendidikan matematika atau matematika untuk mengembangkan kewirausahaan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Terakreditasi
Baik Sekali
Download Sertifikat Akreditasi Jalur Penerimaan
Informasi Akademik:
Gelar
S.Pd. (Sarjana Pendidikan)
Masa Studi
4 Tahun (8 Semester)
Jumlah SKS
144
Pimpinan Prodi:
Ketua
Arif Abdul Haq, S.Si., M.Pd
Sekretaris
Hj. Indah Nursuprianah, M.Si.